menu
close

Pertemuan Rutin DWP UP MTsN 1 Banyuwangi dalam Rangka Memperingati Muharram dan Santunan Anak Yatim

Banyuwangi, 19 Juli 2024 – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unsur Pelaksana MTsN 1 Banyuwangi menggelar pertemuan rutin yang diadakan dalam rangka memperingati bulan Muharram dan memberikan santunan kepada anak yatim. Acara yang berlangsung di aula Ma’had MTsN 1 Banyuwangi ini dihadiri oleh seluruh anggota DWP, guru, serta 13 anak yatim dari lingkungan sekitar.

Pra Acara dimulai dengan pembacaan surah Yasin dan Tahlil bersama dipimpin Bu Inayati Rohmatillah, dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim. Sebanyak 13 anak yatim menerima bantuan bingkisan sejumlah uang tunai. Dengan penuh rasa haru, anggota DWP berinteraksi langsung odengan anak-anak yatim, memberikan perhatian dan kasih sayang yang tulus.
Usai santunan, dilanjutkan dengan
menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne DWP dan Mars DWP, pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan Ibu Nuhbatul Fakhiroh Maulidiya diakhiri dengan sholawat bersama dan do’a oleh ibu Putri Novia Wulandari.
Pembacaan notulen oleh Ibu Indah Riza Kurnia, dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh koordinator seksi Sosial Budaya Ibu Inayati Robbaniyah, dalam laporannya beliau menyampaikan bahwa penggalangan dana dari para anggota DWP UP MTsN 1 Banyuwangi sejumlah Rp. 3.318.000 dibagikan pada 13 anak Yatim Piatu dalam bentuk bingkisan dan uang tunai.

Sambutan dari Plh Ketua DWP UP MTsN 1 Banyuwangi yang diwakili oleh Ibu Inun Fitriyani, S.Pd., M.Si. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi kehadiran ibu-ibu DWP murni atas keluangan waktu hadir dalam pertemuan rutin sebagai ajang silahturahmi yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Berdasarkan Hadits riwayat Bukhori Muslim “Allah memberikan rahmat kepada orang yang menyambung silahturahmi dan memutus rahmat bagi yang memutusnya”. ujar Ibu Inun Fitriyani.
Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Ghani memberikan pencerahan tentang sejarah dan keutamaan bulan Muharram. Beliau menjelaskan bahwa Muharram adalah salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam dan menganjurkan umat untuk meningkatkan ibadah serta sedekah. “Muharram adalah bulan yang penuh berkah, dan memberikan santunan kepada anak yatim menggunggah kita bersama dalam melaksanakan ibadah sosial terhadap sesama atau habluminannas,” tutur ustad Abdul Ghani.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama.
Melalui kegiatan ini, DWP UP MTsN 1 Banyuwangi berharap dapat menumbuhkan semangat kepedulian sosial dan berbagi kebahagiaan di kalangan anggotanya. Pertemuan rutin ini bukan hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga wujud nyata dari nilai-nilai kemanusiaan dan kebersamaan.