Gerakan Nasional Aksi Bergizi di MTsN 1 Banyuwangi

26 Oktober 2022

Haloo Healthies, jumpa lagi di acara seru yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan yaitu Gerakan Nasional Aksi Bergizi serentak di seluruh Indonesia pada hari Rabu, 26 Oktober 2022. Gerakan ini bertujuan untuk menambah pemahaman serta kesadaran akan pentingnya mengkonsumsi makanan sesuai gizi seimbang, melakukan berbagai aktivitas fisik dan olahraga, serta pentingnya mengkonsumsi tablet penambah darah untuk perempuan.

            Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional, MTsN 1 Banyuwangi mengadakan acara ini ditujukan agar siswa-siswi MTsN 1 Banyuwangi untuk meningkatkan literasi warga sekolah tentang pentingnya tablet tambah darah, olahraga/aktivitas fisik dan konsumsi gizi seimbang (Aksi Bergizi). Rangkaian acara dimulai dengan iringan musik gamelan yang dimainkan oleh siswa-siswi dilanjut pelaksanaan upacara, lalu dibuka oleh Salman, Kepala Sekolah MTsN 1 Banyuwangi.

Dalam sambutannya beliau mengingatkan untuk tidak sembarangan ketika jajan di luar madrasah. “Hindari makanan yang terlalu mencolok, karena itu pertanda banyak mengandung pewarna buatan.” tuturnya.

Dilain pihak, kepala kantor kementerian agama kabupaten Banyuwangi, Amak Burhanuddin juga menyampaikan kepada semua siswi madrasah peserta kegiatan untuk mengikuti kegiatan dengan semangat dan gembira.

Beliau juga menanyakan siapa yang telah sarapan hari ini dan siapa yang pernah minum tablet penambah darah. Peserta menjawab dengan antusias.

” Sarapan adalah poin penting yang harus dibiasakan agar kalian memiliki energi dalam beraktifitas seharian ” Pesan Amak dalam sambutannya.

     Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama, dan di adakan Senam Pagi bersama.

Setelah senam di susul dengan makan bersama, dan dilanjutkan dengan edukasi tentang penyakit Anemia dan Stunting. Lalu acara yang terakhir bermain game dan sesi pertanyaan.

Yuk, kita bahas anemia. Anemia merupakan kondisi tubuh dimana kadar hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah lebih rendah dari seharusnya. Dengan kata lain, tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau sel darah merah tak berfungsi dengan baik. 

         Saat ini masih banyak anak yang tidak mendapatkan asupan gizi yang baik sehingga terjadi stunting. Asupan gizi yang baik didapatkan dari makanan yang tepat sesuai yang tersedia. Gizi yang baik adalah pondasi penting bagi seorang anak untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, terutama bagi mereka yang tumbuh dan berkembang di lingkungan rentan. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Faktor lainnya yang menyebabkan stunting adalah terjadi infeksi pada ibu, kehamilan remaja, gangguan mental pada ibu, jarak kelahiran anak yang pendek, dan hipertensi.

Recent Articles

spot_img

Related Stories

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay on op - Ge the daily news in your inbox