menu
close

SOSIALISASI KMA 450 OLEH PENGAWAS MADRASAH DI MTsN 1 BANYUWANGI

Banyuwangi (MTs N 1) Pengawas Madrasah dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Hj. Suhaikah,S.Pd.,M.Pd laksanakan sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 450 Tahun 2024 di KKM binaannya yakni KKM 03. Bertempat di aula Ma’had Nurul Ilmi MTsN 1 Banyuwangi. Pada Selasa (23/07/24)).

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memastikan madrasah yang berada di wilayah KKM 03 siap menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan ketentuan KMA Nomor 450 pada tahun ajaran baru 2024/2025.

Lebih lanjut di awal pemaparannya, Suhaikah, selaku narasumber utama mengatakan ada beberapa point utama KMA 450 yaitu Fleksibiltas, pembelajaran berkualitas, kerja sama yang meliputi mitra madrasah, orang tua wali, serta lembaga terkait dalam upaya kemajuan pendidikan. Selain itu, Suhaikah menekankan peranan Kurikulum Merdeka dalam memberikan fleksibilitas kepada guru kepada madrasah untuk mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. “Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi guru untuk berinovasi sesuai dengan kondisi, sosial budaya dan kemampuan siswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah,” tambahnya.

Hadir membuka kegiatan Kepala MTsN 1 Banyuwangi, H.Munawar Effendi,S.Pd.,M.Pd.I selaku ketua KKM 03, Wakil kepala madrasah bidang kurikulum, Kur Asriatun,S.Pd, Wakil kepala madrasah Bidang pengembangan mutu, Inun Fitriani,S.Pd.,M.Si. dan wakil kepala madrasah Bidang Humas, Hishommudin,S.Pd.

Dalam sambutannya kepala MTsN 1 Banyuwangi, H. Munawar Effendi,S.Pd.,M.Pd.I menyampaikan dengan adanya kegiatan ini, diharapkan madrasah-madrasah khususnya di KKM 03 dapat lebih siap menyambut tahun ajaran baru dengan kurikulum merdeka sesuai dg KMA 450 yang lebih terstruktur dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sehingga melalui penyusunan kurikulum madrasah yang baik, madrasah dapat terus meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan madrasah.

Setelah materi kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan telaah kurikulum madrasah KKM 03.

Sesi foto bersama menjadi rangkaian kegiatan tersebut dan diakhiri dengan membaca hamdalah.