Buku Karya Guru MTsN 1 Banyuwangi Dibedah

Para pecinta buku akan dimanjakan oleh Banyuwangi Book Fair 6-15 Oktober 2022 yang bertempat di Gedung Juang 1945. Ada ribuan judul buku yang tersedia dari berbagai penerbit dan jenis kajian. Selain bazar buku diadakan juga serangkaian diskusi dan bedah buku karya para penulis Banyuwangi. 

Acara Jambore Literasi yang dilaksanakan di Gedung Juang pada hari Jum’at tanggal 14 Oktober 2022 merupakan rangkaian kegiatan Banyuwangi Book Fair, dalam acara tersebut MTsN 1 Banyuwangi turut berpartisipasi bekerja sama dengan lentera sastra .Lentera sastra adalah sebuah komunitas penulis pegawai kementerian agama kabupaten Banyuwangi yang digawangi oleh Syafaat dan kawan – kawan. Bedah buku karya Sulistyowati berjudul “REMBULAN DI  PUCUK CEMARA” dihadiri oleh para Penulis buku, Sastrawan, kumpulan Mahasiswa Banyuwangi, Mahasiswa UNTAG Banyuwangi, Siswa MAN 1 Banyuwangi, Siswa SMP 3 Banyuwangi, Adek-adek SDN 1 Giri, dan Kamad, Komite, Bapak serta ibu dewan Guru MTsN 1 Banyuwangi. Rangkaian acara dimulai dengan mengisi absensi kemudian pembagian materi pada para hadirin acara bedah buku. Setelah itu pembukaan oleh moderator, disusul dengan pemutaran video profil Sulistyowati, Sang penulis.

Salman, kepala MTsN 1 Banyuwangi mengaku sangat bangga atas terbitnya buku novel “REMBULAN DI PUCUK CEMARA” 

Sementara menurut Putri, salah satu audiens bedah buku mengatakan jika  kegiatan bedah buku ini menarik karena materi buku sudah dikaitkan dengan karya orang lain sebagai pembanding dan juga guru bahasa indonesia ini menambahkan bahwa novel rembulan di pucuk cemara dilihat dari sinopsisnya dapat digunakan sebagai media untuk bisa dibawa ke kelas sebagai media pembelajaran.

Puncak acara diisi langsung oleh Sulistyowati

Kemudian disambung dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator, penyampaian tanggapan pertama dari para tamu Penulis, Sastrawan, dari Lentera Sastra kemudian para hadirin  saling berargumen terhadap materi yang disampaikan. Peserta yang menjawab berasal dari berbagai macam tingkatan ada Guru, Mahasiswa, dan Siswa. Adapun setelah sesi tanya jawab ada pemberian buku oleh sastrawan kepada para hadirin yang bertanya. Semua pertanyaan dijawab langsung oleh Sulistyowati serta para Penulis dan Sastrawan. 

“Ini adalah pengalaman pertama kali dan sangat luar biasa dalam hidup saya. ” Tutur Sulistyowati saat ditemui di sela -sela acara. 

Salam jemari 

(tim jemari/asr)

Tim Jurnalis Pelajar Madrasah Kreatif (Jemari MTsN 1 Banyuwangi)

Recent Articles

spot_img

Related Stories

Leave A Reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay on op - Ge the daily news in your inbox